Kamis, 05 Mei 2016

Alat Peraga Pembelajaran Matematika "Math Domino"

TUGAS PBM DAN TIK MATEMATIKA
“MATH DOMINO” 




Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Mata Kuliah
PBM dan TIK Semester 2
Program Studi Pendidikan Matematika


Dosen Pembimbing :
Prof.Dr.Zulkardi,M.I.Komp
Weni Dwi,S.Pd,M.Sc
  
Oleh :
          Kelompok 8
1.     Novi Suryani
2.     Fitriyah
3.     Amy Arimbi


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PEDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA PALEMBANG

2016




KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu.  Sholawat teriring salam semoga selalu tercurah kepada suri tauladan kita Rasulullah SAW , beserta keluarga , sahabat dan pengikutnya yang tetap istiqomah hingga akhir zaman.
           
          Dalam makalah ini penulis mengambil judul TUGAS PBM DAN TIK MATEMATIKA “MATH DOMINO” yang berisi pemahaman materi bagi siswa sebagai saran belajar agar siswa lebih aktif dan kreatif. Dalam penulisan makalah ini penulis banyak mendapatkan bantuan baik berupa tenaga dan ide dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tak langsung. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih dengan tulus kepada:
1.      Bapak Prof.Dr.Zulkardi,M.I.Komp dan Ibu Weni,S.Pd,M.Sc selaku dosen pembimbing
2.      Orang tua , serta teman-teman kelas Pendidikan Matematika Palembang 2015

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak sekali kekurangan. Oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak. Penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat untuk menambah ilmu pengetahuan bagi semua pihak yang membacanya di masa yang akan datang. 
Akhirnya atas segala bantuan yang telah diberikan, penulis mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat dan Ridho-Nya kepada kita semua. Dan akhir kata penulis berharap kiranya makalah ini dapat bermanfaat bagi kita bersama.

Palembang , 01 Februari 2016
                                                                                                                       

 Penulis





PEMBAHASAN

Math domino merupakan suatu permainan yang penulis buat sebagai alat peraga dalam pelajaran Matematika. Permainan Math Domino atau Domino Matematika juga merupakan inovasi dari domino pada umumnya, hanya saja isi pada kartu Math Domino berisi materi pada pelajaran Matematika. Materi-materi tersebut diantaranya yaitu Akar, Turunan, Bangun datar, Peluang, Trigonometri, Limit dan Logaritma. Penulis sengaja memilih mater-materi tersebut karena semua materi itu biasanya banyak dilupakan para siswa karena dinilai agak terlalu susah atau ribet. Jadi , dengan adanya domino dengan isi semua materi tersebut dimaksudkan agar siswa dapat mengingat kembali materi tersebut.

Tujuan penulis membuat permainan Math Domino ini yaitu untuk melatih kemampuan berhitung siswa dengan metode mengingat  atau melatih kemampuan berhitung siswa tanpa menggunakan kertas untuk menghitungnya. Karena dengan cara seperti ini otomatis dapat membangkitkan gairah atau semangat siswa untuk lebih mendalami materi yang terdapat pada domino tersebut agar mereka dapat memainkannya dengan baik.

Math Domino ini bisa dimainkan siswa pada tingkat SMA karena disitu terdapat materi turunan, trigonometri, limit, dan logaritma. Permainan ini juga bisa dimainkan pada kalangan mahasiswa.
Dalam pembuatan alat peraga Math Domino dibutuhkan alat dan bahan sebagai berikut:

Ø  Alat dan Bahan
a.       Kertas foto
b.      Gunting
c.       Microsoft Office Word 2007

Ø  Cara membuat “Math Domino”
a.         Buatlah kotak-kotak dasar layaknya kotak persegi panjang yang dibagi menjadi dua , pada Microsoft Office Word 2007 sebanyak 28 kotak seperti domino pada umumnya. Ukuran yang digunakan seperlunya saja, jangan terlalu besar atau kecil.


b.         Setelah kotak selesai dibuat, kotak-kotak tersebut diisi dengan simbol dan pertanyaan yang sesuai dengan materi Perpangkatan, Akar, Turunan, Bangun datar, Peluang, Trigonometri, Limit dan Logaritma sehingga menyerupai bentuk kartu domino pada umumnya.


c.         Kemudian print atau cetak hasil olah dari kartu-kartu tersebut.

d.         Kartu-kartu tersebut digunting sesuai dengan pola yang telah disediakan.


e.         Susun kartu-kartu tersebut secara berurutan layaknya kartu domino pada umumnya.



Ø  Cara menggunakannya atau cara memainkannya
a.       Tunjuk 4 siswa untuk memainkannya.
b.      Setiap siswa masing-masing berhak mendapat 7 kartu.
c.       Prosedurnya sama seperti pada prosedur permainan domino biasanya.
(lihat gambar berikut)








PENUTUP
Kesimpulan

          Dari alat peraga Matematika yang kelompok kami buat yaitu “Math Domino” dapat memberikan nilai-nilai positif kepada siswa yang hendak akan diajarkan. Karena model alat peraga berupa permainan yang mengasah kemampuan ingatan seorang siswa.
            Jadi disini siswa dilatih kemampuan menghitung diluar kertas atau tanpa mencoretnya kertas agar siswa bisa lebih menjadi kreatif dan terus mengingat materi-materi pelajaran Matematika yang tertera di domino tersebut. Dan juga alat peraga ini dapat merangsang kemampuan kreatifitas siswa dalam menyusun tata letak domino atau melatih strategi dalam bermain agar dapat memperoleh kemenangan disetiap babak yang disediakan.
            Penulis menyadari bahwa dalam proses pengerjaan alat peraga ini masih banyak kekurangan. Dan penulis sangat membutuhkan saran dan kritik dari pembaca demi memperbaiki kesalahan yang ada dalam proses pembuatan alat peraga ini.
            Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih .





LAMPIRAN

Ø  Prof.Dr.Zulkardi Harun,S.Pd,M.I.Komp
                 Menurut bapak Prof.Dr.Zulkardi Harun,S.Pd,M.I.Komp selaku dosen pembimbing kami, sebenarnya karya alat peraga yang telah kelompok kami buat itu sudah bagus dan kreatif. Tapi disini Pak Zulkardi menyatakan bahwa ada kekurangan dalam proses demonstrasi alat peraga ini. Kekurangannya yaitu kelompok kami kurang media untuk memainkannya. Sebagai saran Pak Zulkardi meminta kelompok kami sebaiknya menyediakan suatu meja atau wadah untuk memainkannya agar siswa atau penonton dapat menyaksikan semua bukan hanya yg duduk di depan saja. Atau kami sebaiknya membentuk audiens menjadi beberapa kelompok agar seluruh audiens bisa ikut juga memainkannya.

Ø  Weni,S.Pd,M.Sc
              Sama seperti yang dikatakan pak Zulkardi , menurut ibu Weni,S.Pd,M.Sc selaku dosen pembimbing kami juga alat peraga yang kami buat itu sudah kreatif. Akan tetapi sebaiknya materi yang dicantumkan dalam domino ini jangan bercampur , melainkan satu topik. Agar dalam prakteknya nanti bisa diberikan kepada siswa pada satu materi tertentu dengan tujuan untuk lebih efektif dalam proses belajarnya.

Ø  Aisyah Turidho
                 Disini yang disampaikan oleh saudari kami Aisyah Turidho sama halnya dengan yang disampaikan oleh Pak Zulkardi dan Ibu Weni. Bahwa dalam proses demonstrasi “Math Domino” ini alangkah baiknya jika menggunakan media lain seperti ditempel di karton yang di pajangkan di depan kelas agar semua audiens bisa melihat dengan saksama. Atau bisa menggunakan media ppt dengan membuat sebuah model permainan domino sederhana dengan aplikasi yang ada di dalam komputer.


4 komentar:

  1. Patut dicoba untuk peserta didik

    BalasHapus
  2. sederhana tapi sangat bermanfaat (y)

    BalasHapus
  3. sangat runtut dan jelas.bagus buat dijadiin referensi :-)

    BalasHapus
  4. terimakasih ya. nantikan alat peraga yang lainnya ^_^

    BalasHapus